Cara Menanam Mentimun 

Pada dasarnya menanam mentimun bisa di berbagai jenis iklim. Namun akan lebih bagus ketika iklim kering dengan suhu 21-27 derajat celcius. Permintaan mentimun di pasaran tak pernah sepi. Berikut cara menanam mentimun yang bisa Anda coba.

  1. Penyiapan Benih Sebagai Langkah Awal Cara Menanam Mentimun

Cara mendapatkan benih mentimun yang baik adalah dengan menyeleksi mentimun yang pangkalnya kecil namun buahnya panjang dan besar. Biarkan buah mentimun tersebut masak di pohon.

Setelah terlihat akan membusuk petik buah tersebut dan diamkan selama satu malam. Keesokannya buah dibelah dan dikerok bijinya. Lalu masukkan ke dalam wadah yang bersih dan biarkan kembali selama satu malam.

Bagaimana Cara Mendapatkan Benih Mentimun Yang Bagus ?

  • Melakukan sortir pada mentimun yang besar dan panjang namun pangkalnya kecil. Biarkan mentimun dengan ciri seperti itu masak di pohon. Setelah terlihat akan membusuk, petik mentimun dan diamkan semalaman.
  • Setelah itu, kerok dan ambil bijinya dan tempatkan pada wadah bersih. Diamkan biji timun semalaman.
  • Ayak biji mentimun dengan air mengalir sampai selaput biji mentimun terlepas.
  • Saat proses pengayakan, lakukan sortir terhadap biji, pilihlah biji yang tenggelam karena itu mencirikan biji berkualitas baik.
  • Jemur biji mentimun selama 2 hari.
  • Simpan dalam wadah lalu diamkan 1-2 bulan sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan masa dormannya. Selain itu, bisa membuat biji tahan satu tahun.
  • Sebelum biji digunakan, rendamlah biji dalam air hangat 3-5 jam lalu letakkan biji pada kain basah dan lembab.
  • Tunas akan muncul biasanya setelah 15-24 jam. Dan benih mentimun siap ditanam.
  • Penanaman Benih Mentimun

Lakukan penanaman biji mentimun yang telah bertunas dengan cara memasukkan masing-masing satu biji ke dalam lubang tanam. Setelah itu tutup dengan tanah. Lakukan penyiraman teratur di setiap sore dan pagi hari. Biasanya setelah dua hari tunas akan tumbuh lebih tinggi.

  • Perawatan Tanaman Mentimun
  • Lakukan pengontrolan terhadap tanaman mentimun setelah berumur 3-4 hari setelah proses penanaman. Segera singkirkan apabila terdapat bagian tanaman yang mati atau gagal tumbuh. Gantilah dengan benih baru.
  • Saat tanaman sudah berusia sekitar 2 minggu, biasanya daun mentimun sudah mulai muncul. Anda dapat member nutrisi tambahan berupa pupuk cair.

Pupuk cair dibuat dari campuran kotoran ternak, misalnya kotoran kambing dengan air. Dengan perbandingan 1 kg kotoran kambing dengan 1 liter air. Campuran tersebut harus didiamkan selama 1 minggu sebelum digunakan.

Berikan pupuk cair pada tanaman mentimun dengan cara menyiramnya pada lubang tanam. Kebutuhan pupuk cair pada tanaman mentimun adalah 1 liter per meter persegi.

Yuk kunjungi TaniMuda untuk dapatkan info pertanian yang sukses panen.

  • Pemanenan Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun akan mulai berbunga di usia 20 hari setelah penanaman. Pemanenan biasanya dilakukan setelah tanaman mentimun berusia 2,5 bulan, dengan cara bertahap. Panen mentimun bisa dilakukan setiap hari dengan memetik 1 sampai 2 buah per tanaman.

Mentimun hasil panen harus diletakkan di tempat sejuk agar tidak kehilangan kandungan airnya. Setelah panen, biasanya mentimun dimasukkan dalam kemasan yang memiliki sirkulasi udara atau karung untuk dijual di pasar.

Mentimun kaya akan serat dan kandungan air. Jika Anda tertarik memulai budidaya mentimun,  ketelatenan dan dengan memahami cara menanam mentimun yang baik adalah kuncinya.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124