Cara Mengatasi Malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang telah terinfeksi parasit jenis Plasmodium Vivax, Plasmodium Ovale, Plasmodium Malariae dan Plasmodium Falcparum, penyakit ini bisa menular ke orang lain bila terjadi kontak darah penderita, semisal janin dalam kandungan yang terinfeksi lewat ibu atau ketika transfusi darah.

Malaria bila tidak ditangani dengan segera, dapat menyebabkan kematian penderitanya. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini. Berikut ini perubahan tubuh yang harus Anda waspadai karena bisa jadi merupakan gejala Malaria:

Gejala Malaria

  • Badan Menguning
  • Diare
  • Mual-Muntah
  • Kejang-kejang
  • Terdapat Noda Darah pada Feses
  • Banyak Berkeringat
  • Anemia
  • Badan Lemas
  • Sakit Kepala
  • Demam TInggi

Cara Mengatasi Malaria dengan Bahan Alami

Meski saat ini obat malaria telah ditemukan dan dapat diatasi tenaga medis dengan segera. Namun, tahukah Anda? terdapat bahan-bahan alami yang dapat mengatasi malaria dan mudah Anda dapatkan disekitar Anda? simak penjelasannya dibawah ini:

1. Kayu Manis

Kayu manis telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan gejala malaria. Kandungan anti parasit dan anti peradangan yang berasal dari senyawa aktif Cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh malaria, mengatasi diare, dan meredakan demam

Cara mengonsumsi kayu manis dengan mengonsumsi teh kayu manis dua kali dalam sehari.

2. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C dari buah jeruk sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda, sistem kekebalan tubuh yang prima sangat diperlukan untuk untuk melawan infeksi bakteri dan parasit malaria.

Bila Anda di diagnosa menderita malaria, penting untuk mengonsumsi buah jeruk dan buah lainnya yang kaya akan vitamin C. Konsumsi jeruk tidak hanya dapat mengembalikan cairan tubuh Anda yang hilang karena diare tetapi juga mempercepat proses pemulihan tubuh Anda.

Rutin konsumsi vitamin C juga dapat menghindarkan Anda terkena penyakit malaria dikemudian hari.

3. Jahe

Jahe memiliki kandungan Gingerol, Anti Peradangan dan Anti Bakteri  yang dapat memberikan perlindungan tubuh Anda dari infeksi virus dan bakteri serta mempercepat proses pemulihan tubuh Anda setelah mengalami infeksi.

Konsumsi air rebusan jahe dan madu dapat mengembalikan energi tubuh Anda dan memberikan perlindungan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Air Perasan Jeruk Nipis

Konsumsi air perasan jeruk nipis juga merupakan salah satu cara alami mengatai malaria. Kandungan vitamin C dalam air jeruk nipis dapat membantu memulihkan kesehatan tubuh Anda dan mencegah penyebaran infeksi malaria. Selain itu, air perasan jeruk nipis dapat meredakan gejala mual pada penderita malaria.

Cara mengonsumsi, cukup peras 3-5 buah jeruk nipis dan tambahkan air hangat untuk mengurasi rasa asam yang menggigit. Minum pada pagi dan malam hari untuk membantu proses pemulihan.

5. Air Rebusan Daun Afrika

Di Nigeria, masyarakat lokal menggunakan air rebusan daun afrika untuk mengatasi malaria. Hal ini tidak salah, karena manfaat daun afrika dalam mengatasi malaria adalah karena memiliki kandungan Anti-Plasmodic yang dapat menangkal parasit penyebab malaria.

Menukil Manfaat.PRO, kandungan Zat Besi dalam daun ini dapat membantu produksi sel darah merah dan meredakan gejala anemia pada penderita malaria. Selain itu, beragam antioksidan di dalamnya memastikan perlindungan tubuh Anda dari infeksi virus dan bakteri di kemudian hari.

6. Air Hangat

Malaria dapat menginfeksi perut penderitanya, hal ini mengapa penderita malaria umumnya mengalami diare. Konsumsi air hangat dapat membersihkan saluran pencernaan Anda dan meredakan infeksi pada perut Anda. Hal ini dapat meredakan diare dan mempercepat proses penyembuhan penderita malaria.

Minum 6-8 gelas air putih hangat setiap hari Bila Anda mengalami diare dan badan lemas.

7. Buah Anggur

Mengonsumsi buah anggur merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi malaria. Kandungan antioksidan dalam buah anggur dapat memerangi parasit yang menyebabkan malaria.

Konsumsi buah anggur merupakan cara menyenangkan untuk mempercepat proses pemulihan diri setelah infeksi malaria, selain itu kandungan antioksidan dalam buah ini memastikan sistem imun tubuh Anda cukup kuat untuk menangkal serangan virus dan bakteri.

8. Buah Strawberry

Selain buah anggur dan jeruk, konsumsi buah strawberry juga merupakan cara alami untuk mengatasi malaria, kandungan antioksidan dan beragam enzim yang terdapat dalam buah berry ini sangat baik dalam menyingkirkan infeksi parasit dalam tubuh tanpa memberikan efek samping negatif pada kesehatan.

Kandungan vitamin C dalam buah strawberry dapat mempercepat proses pemulihan tubuh Anda setelah sakit dan mengembalikan energi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *