Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Jika Anda menerima pemberitahuan yang menyatakan bahwa WhatsApp Anda diblokir sementara, kemungkinan besar Anda menggunakan versi WhatsApp modifikasi atau yang lebih familiar dengan nama WhatsApp MOD.

Seperti yang dikutip dari artikel WhatsApp MOD di blog charis.id, pengguna WhatsApp MOD memang memiliki risiko terkena banned sementara. Bahkan, pihak WhatsApp juga sudah memberikan informasi tersebut melalui situs resminya.

Pada intinya, pihak WhatsApp memang tidak memperbolehkan penggunaan aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Plus, GBWhatsApp, YoWhatsApp, FMWhatsApp, atau aplikasi MOD lainnya.

Jika Anda tidak segera beralih ke aplikasi resmi setelah mendapatkan peringatan dengan blokir sementara, maka ada kemungkinan akun Anda akan diblokir secara permenen. Setelah diblokir permanen, maka nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk daftar WhatsApp lagi.

Nah, untuk itu, Anda harus segera melakukan tindakan ketika mendapati akun WhatsApp diblokir sementara. Bagi Anda yang mengalami masalah WhatsApp diblokir, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir

Jika mengikuti arahan dari pihak WhatsApp, maka jalan satu-satunya adalah dengan beralih ke aplikasi WhatsApp resmi.

Berikut caranya:

  1. Tunggu sampai blokir sementara WhatsApp Anda berakhir (Anda bisa melihat jangka waktu pemblokiran).
  2. Jika sudah, silahkan kembali ke aplikasi WhatsApp MOD yang Anda gunakan lalu tekan Opsi lainnya > Chat > Cadangkan chat.
  3. Setelah itu, buka File Manager di HP Anda masing-masing dan pilih penyimpanan Internal.
  4. Cari folder GBWhatsApp (sesuaikan dengan WhatsApp MOD yang Anda gunakan) dan ubah namanya menjadi WhatsApp.
  5. Selanjutnya, buka Google Play Store dan unduh WhatsApp Messenger (aplikasi WhatsApp resmi).
  6. Lakukan pendaftaran seperti biasanya.
  7. Setelah proses pendaftaran, biasanya akan diarahkan ke layar Pencadangan, tekan Pulihkan > Berikutnya.
  8. Selesai.

Dengan mengikuti cara di atas, maka Anda sudah berhasil beralih dari WhatsApp MOD ke WhatsApp original. Cara di atas sudah termasuk melakukan backup chat, jadi chat Anda tidak akan hilang.

Opsi Lain

Terkadang, ada orang yang tetap ingin menggunakan WhatsApp MOD sebagai aplikasi utamanya. Hal ini dilakukan karena WhatsApp MOD memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan WhatsApp resmi.

Sebenarnya bisa saja. Namun, Anda harus melakukan satu hal yang cukup penting agar akun Anda tidak diblokir lagi. Jadi, yang harus Anda lakukan agar WhatsApp MOD tidak terkena banned adalah dengan melakukan update secara rutin.

Melakukan update WhatsApp MOD berbeda dengan update WhatsApp resmi. Jika WhatsApp resmi bisa diupdate melalui Google Play Store, maka WhatsApp MOD tidak, melainkan harus melalui website developernya.

Untuk melakukan update WhatsApp MOD, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Pertama, buka WhatsApp MOD Anda.
  2. Setelah itu, buka pengaturan MOD (YoMods, atau yang lainnya).
  3. Selanjutnya, pilih pengaturan Pembaruan.
  4. Tekan Periksa Pembaruan untuk melakukan pengecekan apakah ada update atau tidak.
  5. Jika ada, tekan Unduhan Web dan download aplikasi WhatsApp MOD pada website tersebut.
  6. Lakukan instalasi tanpa menghapus aplikasi sebelumnya.
  7. Selesai.

Dengan melakukan update secara rutin, maka potensi terkena banned akan semakin kecil. Tapi perlu diingat juga, melakukan update bukanlah cara untuk membuat WhatsApp MOD anti banned, sebatas meminimalisir saja.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi WhatsApp yang diblokir sementara. Jika tidak ingin terkena blokir lagi, sebaiknya ikuti saja arahan dari pihak WhatsApp, yakni dengan beralih ke WhatsApp resmi.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124