Cara Merawat Suspensi Motor

Cara Merawat Suspensi Motor

Suspensi motor seringkali tidak diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Komponen ini berperan penting dalam meredam getaran dan hentakan saat motor berjalan pada kondisi jalan yang tidak mulus, seperti saat melewati polisi tidur maupun saat melintasi jalanan berlubang.
Suspensi motor yang tidak prima akan mengurangi kenyamanan berkendara karena hentakan yang kasar, dan hal ini dapat menurunkan keamanan berkendara.

Untuk menjaga suspensi motor tetap prima setiap saat, diperlukan perawatan rutin guna mencegah keausan dan kebocoran pada komponen satu ini. Melalui artikel ini kami akan mengulas cara merawat suspensi motor agar tidak bocor.

Simak artikelnya di bawah ini.

Cara Merawat Suspensi Motor dengan Benar

1. Kurangi Kecepatan saat Melintasi Jalanan Berlubang

Medan jalan yang tidak rata atau berlubang akan membuat suspensi motor kamu memantul guna meredam getaran pada roda. Jika kamu berkendara dalam kecepatan tinggi saat melintasi jalan berlubang akan menyebabkan pantulan suspensi sangat kasar.

Hal ini bila dilakuan secara terus-menerus akan menyebabkan kebocoran pada seal shockbreaker dan mengurangi kemampuan pantulan pada pegas suspensi.

Oleh karena itu, kurangi kecepatan motor kamu saat melintasi jalanan berlubang dengan alasan keamanan berkendara dan menjaga suspensi motor tetap optimal.

2. Hindari Membawa Muatan Berlebihan

Cara merawat suspensi motor agar lebih awet selanjutnya adalah dengan tidak membawa muatan berlebih.

Saat kamu membawa muatan yang melebihi batas yang direkomendasikan oleh pabrikan, hal tersebut akan membebani suspensi dan mengurangi kinerja komponen ini.

Beban motor berlebih dapat menyebabkan kebocoran pada seal piston suspensi motor kamu, bahkan dalam beberapa kasus piston suspensi dapat mengalami patah.

3. Jaga Kebersihan Suspensi

Suspensi motor seringkali luput dari pemeriksaan dan diabaikan saat proses mencuci kendaraan.

Padahal kebersihan suspensi merupakan hal krusial guna menjaga suspensi tetap optimal. Debu dan kotoran pada suspensi dapat menyebabkan kebocoran pada seal suspensi.

Selain itu, penumpukan kotoran pada suspensi akan menyebabkan suspensi terasa keras dan mengurangi kenyamanan berkendara.

4. Perhatikan Kondisi Oli Shockbreaker

Suspensi motor bekerja dengan bantuan oli yang melapisi bagian dalam suspensi guna meredam getaran secara optimal. Fungsi lain dari oli shockbreaker adalah mengembalikan posisi pegas pada keadaan semula, sehingga penting untuk menjaga volume oli shockbreaker tetap berada di level yang direkomendasikan.

Selain itu, oli shockbreaker memiliki masa pakai dan harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, selalu cek kondisi oli shockbreaker motor ini secara berkala.

Demikian artikel mengenai cara merawat suspensi motor agar awet dan tahan lama, semoga artikel yang kami sajikan dapat memberikan pengetahuan baru tentang cara merawat sepeda motor kesayang kamu.

Sampai jumpa pada artikel-artikel otomotif kami selanjutnya.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124