Diet Tanpa Olahraga

Diet Tanpa Olahraga

Menyeimbangkan pola diet dan olahraga terlihat mudah namun sangat sulit diterapkan.

Meski demikian, terdapat beberapa panduan diet tanpa olahraga yang mudah untuk diterapkan. Tanpa basa-basi simak panduan menurunkan berat badan secara alami dan tanpa olahraga berikut ini.

Panduan Diet Tanpa Olahraga

1. Kunyah Makanan secara Perlahan

Otak membutuhkan waktu untuk memproses segala aktifitas dan informasi yang diterima. Termasuk saat kita makan.

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membuat Anda menikmati makanan secara sadar dan meningkatkan rasa kenyang serta porsi makanan yang lebih sedikit.

Dalam sebuah studi observasi menemukan bahwa mereka yang makan terburu-buru cenderung mengalami obesitasi daripada mereka yang tidak.

Jadi, ada baiknya Anda mengunyah dan menikmati makanan secara perlahan atau istilah populernya adalah mindful eating.

2. Gunakan Piring Kecil

Saat makan baiknya gunakan piring yang lebih kecil, hal ini akan mempengaruhi psikologi Anda.

Menggunakan piring besar akan membuat porsi makanan tampak sedikit sekali, sehingga membuat Anda menambah porsi yang menurut Anda cukup untuk Anda.

Tentu saja hal itu merugikan bila Anda sedang program diet, karena membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan merusak program diet Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan piring kecil untuk makan mulai saat ini.

3. Konsumsi Banyak Protein

Pola diet tanpa olahraga menitikberatkan makanan yang Anda konsumsi, baiknya Anda mengonsumsi lebih banyak Protein ketimbang karbohidrat.

Protein memiliki dampak pada nafsu makan, protein dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, kenyang lebih lama dan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Hal ini dikarenakan protein dapat menstimulasi hormon ghrelin dan GLP-1 yang berperan dalam mengatur rasa lapar dan rasa kenyang.

Sebagai contoh, konsumsi protein dari telur dapat mengurangi asupan kalori selama 36 jam kedepan. Selain telur, Anda juga dapat menemukan protein pada Dada Ayam, Ikan, Yogurt dan Kacang Almond.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Sama seperti halnya konsumsi protein, konsumsi makanan tinggi serat dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih lama. Sehingga Anda akan mengurangi porsi makanan dan frekuensi lapar.

Salah satu jenis serat yang bernama Viscous Fiber atau Serat kental dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi porsi makanan Anda.

Serat ini akan berubah menjadi gel ketika bersentuhan dengan air. Gel ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memberikan perut Anda kenyang lebih lama.

Anda bisa mendapatkan Viscous Fiber dengan mengonsumsi makanan seperti:

  • Kacang-kacangan
  • Oats
  • Tauge
  • Asparagus
  • Jeruk
  • Flakseed

5. Minum Air Putih

Cara lain diet tanpa olahraga adalah dengan rutin minum air putih.

Minum air putih dapat membuat Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminumnya sebelum makan.

Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut, dengan menyebutkan minum setengah liter air putih pada saat 30 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan menurunkan asupan kalori Anda.

Dalam penelitian tersebut, partisipan yang minum air putih sebelum makanan mengalami penurunan berat badan sebanyak 44 persen selama 12 minggu.

Bahkan hasilnya akan lebih baik jika Anda berhenti mengonsumsi minuman bersoda atau jus kemasan dan menggantikannya dengan air putih.

6. Tingkatkan Kualitas Tidur dan Hindari Stress

Kurang tidur dapat menurunkan kualitas kesehatan fisik dan mental Anda.

Kualitas tidur Anda juga dapat berpengaruh pada nafsu makan dan berat badan Anda. Kurang tidur dapat menganggu hormon leptin dan ghrelin yang bertanggung jawab pada nafsu makan Anda. Selain itu, hormon Kortisol yang merupakan penyebab stress pun akan meningkat.

Ketiga hormon diatas dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda sulit mengontrol kalori yang masuk. Efek samping negatif dari kurang tidur adalah timbulnya penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

7. Hindari Minuman Manis

Jika ingin menurunkan berat badan, ada baiknya Anda menghindari minuman bersoda atau minuman kemasan lainnya.

Gula pada minuman seperti Cola dan Jus kemasan sering dikaitkan dengan peningkatan risiko beragam penyakit.

Selain itu, kandungan kalori pada minuman kemasan tidak membuat Anda kenyang sehingga membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari makanan padat.

Sebaiknya ganti minuman kemasan seperti minuman bersoda, minuman teh dan kopi kemasan serta jus kemasan dengan air putih, kopi dan teh hijau tanpa gula jika ingin langsing tanpa olahraga.

8. Konsumsi Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel dalam menurunkan berat badan adalah dengan memberikan rasa kenyang lebih lama ketika dikonsumsi bersama dengan makanan padat.

Mengutip Manfaat.PRO, kandungan Asam Asetat yang terdapat dalam cuka apel juga dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan membantu Anda menurunkan berat badan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan cuka apel sebagai dressing pada menu makanan Anda setiap hari.

Demikian pembahasan mengenai Panduan Diet Tanpa Olahraga yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat dalam menyukseskan program diet Anda.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124