Kista Endometriosis

Endometriosis

Endometriosis atau yang dikenal sebagai kista ovarium merupakan penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita dimana jaringan otot pada lapisan dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

Pada penderita Endometriosis, jaringan yang tumbuh di luar rongga rahim dapat mengalami penebalan dan luruh, kondisi yang mirip dengan saat datang bulan. Namun, yang berbeda adalah darah yang luruh tersebut tidak keluar dari tubuh penderita malah mengendap dan dapat mengakibatkan iritasi pada area sekitarnya.

Kista Endometriosis dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan pada wanita seperti :

  • Menyebabkan Nyeri Pinggul Kronis
  • Meningkatkan Risiko Kanker Rahim
  • Sulit Hamil
  • Menghalangi Terapi Kesuburan
  • Menghentikan Kerja Sel Telur

Gejala Endometriosis

Meski bukan termasuk penyakit mematikan, nyatanya penyakit ini dapat menggangu jalannya aktivitas penderitanya dan menurunkan kualitas hidup.

Gejala yang paling umum dialami oleh penderita Kista Rahim ini adalah sakit yang luar biasa saat menstruasi. Selain itu, beberapa kasus dilaporkan bahwa rasa sakit juga dapat dialami ketika buang air kecil dan saat berhubungan seksual.

Gejala lainnya adalah penderita mengalami perdarahan pada saat buang air kecil maupun buang air besar.

Namun, dalam beberapa kasus dilaporkan bahwa penderita tidak mengalami gejala apapun yang disebutkan diatas. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Penyebab Endometriosis

Penyebab munculnya kista rahim ini masih belum diketahui. Namun, terdapat beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa kista ini terjadi ketika darah menstruasi yang seharusnya keluar tubuh tidak keluar sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan penumpukan pada area sekitar panggul.

Selain itu, faktor hormon estrogen juga merupakan penyebab timbulnya penyakit ini. Hormon Estrogen diketahui dapat memperparah gejala yang timbul, oleh karena itu penyakit ini umumnya menyerang wanita usia produktif.

Disamping dua faktor diatas, terdapat juga faktor risiko lain seperti faktor genetis, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kurangnya kemampuan adaptasi sel terhadap lingkungan organ dan radikal bebas.

Pengobatan Endometriosis

Mengutip laman Webmd, umumnya dokter akan mempertimbangkan usia, gejala yang timbul dan mengenai program hamil Anda di masa depan. Berdasarkan analisa tersebut baru kemudian dokter akan membuat rencana pengobatan yang sesuai.

Jika Anda tidak mengalami nyeri dan kista masih berukuran kecil, dokter akan menyarankan untuk menunggu sekitar enam hingga delapan minggu untuk memantau apakah kista tersebut menyusut dengan sendirinya. Dokter akan melakukan USG untuk memastikan hal ini.

Pengobatan

Dokter akan memberikan obat-obatan yang dapat menyusutkan kista. Pengobatan yang disebut GnRH Agonist yang dapat membuat tubuh Anda mengalami menopause sementara untuk membuat rahim berhenti memproduksi hormon estrogen. Pengobatan ini sangat efektif untuk mengurangi gejala-gejala yang Anda alami.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah efek samping dari pengobatan kista ini adalah serangan panas pada tubuh Anda, berkurangnya kepadatan tulang dan menurunnya gairah seksual. Disarankan bila Anda sedang dalam program hamil ada baiknya hindari jenis pengobatan ini.

Tindakan Operasi

Umumnya dokter akan menyarankan tindakan operasi bila Anda mengalami nyeri yang intense, pengobatan GnRH tidak efektif atau ukuran kista berukuran lebih dari 1,5 inci. Dokter umumnya menyarankan tindakan operasi untuk menghindari kista pecah dan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Terkadang, dokter dapat menyedot habis cairan dalam kista, hal ini sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan kista rahim.

Dan yang terakhir adalah operasi pengangkatan rahim atau Hiseterektomi, namun dokter melakukan hal ini sebagai langkah terakhir bila langkah-langkah lainnya tidak membuahkan hasil.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124