Manfaat Daun Sirsak yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Tidak banyak orang yang mengetahui akan manfaat daun sirsak. Kebanyakan mereka hanya mengetahui manfaat buahnya saja yang baik untuk kesehatan. Ternyata daun sirsak sangat bermanfaat untuk membunuh sel kankser. Bahkan sejak zaman dahulu, cara pengobatan kanker serviks tradisional adalah menggunakan daun sirsak.
Banyak negara yang sudah melakukan penelitian mengenai kandungan dan manfaat daun sirsak, seperti Tiongkok, Jepang, Korea, hingga Amerika. Hasilnya kebanyakan memang daun sirsak mempunyai beberap zat diantaranya anti peradangan, anti kanker, hingga anti bakteri. Tidak heran jika mereka berlomba-lomba mencari daun sirsak untuk dijadikan sebagai bahan obat-obatan.

Manfaat Daun Sirsak

Kini sudah banyak orang yang memproduksi daun sirsak untuk dijadikan sebagai obat. Biasanya daun sirsak di ambil sarinya dengan cara direbus terlebih dahulu. Hal itu disebabkan memang daun sirsak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh maupun pengobatan penyakit tertentu. Hal itu ternyata belum banyak diketahui banyak orang, diantaranya adalah:

Menurunkan kadar kolesterol jahat


Dalam tubuh mansia terdapat kolesterol baik dan kolesterol jahat yang membahayakan kesehatan tubuh. Karena itu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut, Anda bisa mengkonsumsi daun sirsak secara rutin.

Mencegah peradangan


Mengkonsumsi daun sirsak bisa mencegah dan mengobati peradangan yang Anda derita, khususnya di bagian tenggorokan. Tentunya daun tersebut harus diolah terlebih dahulu seperti diambil sari-sarinya. Hal itu mengingat berdasarkan penelitian, ekstrak daun sirsak juga mengandung zat anti peradangan yang baik dan menyehatkan.

Mengobati kista ovarium

Kista ovarium juga sering disebut dengan tumor jinak yang berkembang dalam ovarium wanita. Jika segera tidak diobati, penyakit tersebut akan semakin berkembang menjadi kanker dan menjadi sangat berbahaya. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi sari daun sirsak secara rutin.

Menurut penelitian daun sirsak mengandung zat yang bernama bernama zat annonaceous acetogenins yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker atau transport adenosine triphosphate. Tidak heran jika daun sirsak sering digunakan untuk pencegahan kanker serviks dan bahkan pankreas.

Cara pengobatan kanker serviks maupun kista ovarium menggunkan daun sirsak cukup sederhana. Anda hanya harus mengambil beberapa lembar daun sirsak, kemudian rebus hingga mendidih dan ambil sarinya saja. Setelah itu minum secukupnya dan lakukan secara teratur. Tentunya itu merupakan usaha yang cukup sederhana, namun tetap aman.

Meningkatkan penyakit asam urat


Secara umum, penyakit asam urat banyak diderita oleh orang usia lanjut. Penyakit tersebut disebabkan beberapa tulang mereka sudah mengalami penurunan fungsi dan juga pola makan. Hal itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur dan juga harus menghindari beberapaa makanan seperti jeroan dan kacang-kacangan.

Menurunkan kadar gula darah yang tinggi


Daun sirsak juga mengandung zat atau senyawa anti diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Selain itu juga bisa mencegah perusakan hati atau organ lain yang disebabkan oleh diabetes. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secukupnya, di samping mengubah pola makan juga.

Meningkatkan kesuburan

Daun sirsak mengandung beberapa kebutuhan dalam tubuh seperti mineral, protein, hingga vitamin. Semua itu sangat dibutuhkan oleh tubuh baik wanita maupun pria yang nantinya bisa berpengaruh terhadap tingkat keseburan. Jika Anda mengkonsumsi sari daun sirsak maka siklus menstruasi akan lancar bagi wanita dan menambah menyuburkan sperma bagi pria.

Daun sirsak memang mempunyai banyak khasiat, khususnya untuk mengurangi resiko kanker. Namun dalam penggunaannya harus tetap terkontrol agar tidak merusak kesehatan tubuh yang lainnya. Seperti halnya saat mengkonsumsinya harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *