Manfaat L-Carnitine untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat L-Carnitine

L-Carnitine adalah suplemen yang mana sebagian besar komposisinya terdiri dari Asam Amino Esensial dan Lisin yang sifatnya sangat mirip dengan vitamin namun tidak termasuk dalam kategori vitamin. Manfaat L-Carnitine untuk tubuh adalah membantu transportasi asam lemak ke membran mitokondria dan membantu mengubah cadangan lemak menjadi energi bagi tubuh Anda.

Sebenarnya baik orang tua maupun anak-anak dapat mengolah cadangan lemak dalam tubuh menjadi energi, namun mengonsumsi suplemen L-carnitine dapat menjadi booster dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Dalam artikel ini, saya akan mengulas mengenai manfaat L-Carnitine untuk kesehatan tubuh Anda. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat L-Carnitine untuk Kesehatan

1. Kaya akan Antioksidan

L-Carnitine merupakan komponen antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari paparan radikal bebas. Radikal bebas seperti sinar ultraviolet, polusi asap kendaran dan polusi asap rokok bila terpapar oleh tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan beragam penyakit kronis, contohnya Kanker.

Dalam studi yang dipublikasikan pada International Journal of Cardiology mengungkapkan bahwa sel-sel dalam pembuluh darah Anda dapat terlindungi dari radikal bebas ketika tubuh mendapatkan asupan suplemen L-Carnitine.

2. Mencegah Penuaan Dini

Komponen Sel-sel tubuh Anda yang memproduksi energi disebut Mitokondria, komponin ini membutuhkan Carnitine untuk reaksi biokimia untuk memproduksi energi. Peneliti Linus Pauling Institute menyebutkan bahwa fungsi Mitokondria dan kadar L-Carnitine dalam tubuh Anda dapat mencegah penuaan dini.

Kandungan Acetyl-L-Carnitine dapat meningkatkan kadar L-Carnitine pada otot dan meningkatkan energi pada tubuh Anda.

3. Meningkatkan Performance

Dalam penelitian yang terbit pada 2002 di American Journal of Physiology menemuka nbahwa mereka yang mengonsumsi suplemen L-Carnitine memiliki kemampuan fisik yang lebih baik dan mengalami kerusakan otot yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa selain kemampuan fisik yang lebih baik, mereka yang rutin mengonsumsi suplemen L-carnitine juga memiliki energi yang lebih banyak daripada mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan kemampuan suplemen in idalam menjaga sirkulasi asam lemak ke Mitokondria untuk dikonversi menjadi energi.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh L-Carnitine sangat diperlukan untuk melindungi sel sperma dari paparan radikal bebas. Mengutip Trimester123.com L-Carnitine juga dapat meningkatkan kuantitas, kualitas dan morphology sel sperma pria. Hal ini tentu sangat baik untuk pria yang sedang dalam program hamil.

Makanan yang Mengandung L-Carnitine

Anda bisa mendapatkan L-Carnitine secara alami dengan mengonsumsi makanan seperti ayam, bebek, ikan, produk susu dan daging merah seperti daging sapi, daging kerbau dan daging babi. Namun, kini juga banyak produk-produk suplemen L-Carnitine yang dijual di apotek-apotek umum.

Dosis dan Efek Samping L-Carnitine

Meskipun komponen utama L-Carnitine adalah Asam Amino Esensial dan tidak ada batasan yang aman untuk mengonsumsi L-carnitine, namun ahli kesehatan menyarankan untuk membatasi maksimal asupan L-Carnitine adalah 1.000 mg setiap harinya dan tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Efek Samping yang mungkin Anda temui adalah reaksi mual, muntah dan diare. Selain itu, jika berlebihan dalam mengonsumsi suplemen L-Carnitine dapat mempengaruhi aroma tubuh Anda menjadi amis dan dapat menimbulkan reaksi kejang.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat L-Carnitine untuk Kesehatan Tubuh, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga Anda.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124