Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Sauna

Sauna atau mandi uap berasal kebudayaan Nordic di Eropa, tepatnya di Finlandia. Saat ini, budaya mandi sauna telah menyebar ke seluruh dunia seiring dengan studi yang mengungkapkan manfaat sauna untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai Manfaat Sauna bagi tubuh Anda. Simak penjelasannya dibawah ini;

Manfaat Sauna untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Mengeluarkan Racun

Salah satu cara tubuh Anda mengeluarkan racun adalah melalui keringat.

Keringat yang keluar saat berolahraga maupun mandi sauna merupakan cara efektif untuk mengeluarkan racun di tubuh Anda. Bila tubuh Anda berhasil mendetoksifikasi racun, maka organ-organ tubuh Anda akan bekerja maksimal sehingga menunjang kesehatan Anda secara umum.

2. Menurunkan Berat Badan

Terapi sauna merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan, dengan usaha yang minimal. Saat mandi uap, detak jantung Anda akan meningkat dan diikuti dengan melebarnya pembuluh darah Anda.

Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa berada di ruangan sauna dengan suhu 76 derajat celsius selama 20 menit dapat membakar 500 kalori. Mandi sauna akan membuat metabolisme tubuh Anda meningkat layaknya ketika sedang berolahraga, oleh karena itu bila Anda sedang program diet ada baiknya melakukan mandi sauna.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sauna lainnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Saat mandi sauna, tubuh Anda memproduksi sel darah putih. Sebagai informasi, sel darah putih berperan dalam melawan infeksi virus dan bakteri yang berasal dari radikal bebas.

Oleh karena itu, rutin mandi sauna dapat menghindarkan Anda dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang berasal dari polusi udara.

4. Meningkatkan Kemampuan Fisik

Tubuh manusia memiliki batas toleransi terhadap suhu panas. Rutin mandi sauna dapat meningkatkan batas toleransi tubuh Anda dari suhu panas. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan fisik Anda ketika berolahraga.

Mandi sauna dapat membantu tubuh Anda dalam mengatur penggunaan energi dan meningkatkan kemampuan fisik Anda.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat sauna untuk kecantikan diantaranya adalah menjaga keseahtan rambut. Saat sauna, kelenjar Sebaceous di kulit kepala akan melepaskan komponen yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda.

Rutin mandi sauna akan mengaktifkan kelenjar Sebaceous dan melepaskan senyawa aktif yang membuat rambut Anda lebih sehat dan berkilau.

6. Relaksasi setelah Fitness

Manfaat Sauna setelah fitness adalah memberikan relaksasi bagi pikiran dan otot tubuh Anda. Sauna dapat mengembalikan kondisi tubuh Anda yang lelah setelah berolahraga dan juga membantu mengeluarkan sampah-sampah metabolisme tubuh Anda melalui keringat.

Saat sauna, sirkulasi darah Anda akan meningkat, hal ini membantu mengembalikan kondisi otot yang tegang dan memberikan relaksasi.

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Salah satu organ terpenting manusia. Kulit, juga membutuhkan latihan untuk menjaga kesehatannya.

Seiring bertambahnya usia, banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori sehingga menyebabkan elastisitas kulit menjadi berkurang. Mandi sauna dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat menstimulasi produksi sel-sel kulit baru dan menyingkirkan sel kulit mati.

Saat sauna, sel-sel kulit kita akan mengeluarkan minyak alami yang berperan sebagai pelembab dan antibiotik yang melindungi kulit dari kerusakan dan membuat Anda tampak awet muda.

Efek Samping Sauna

Rutin mandi sauna merupakan hal yang baik untuk kesehatan, namun bagi orang-orang dengan kondisi tertentu terutama bagi mereka yang memiliki riwayat hipotensi dan ibu hamil. Berikut ini efek samping yang dapat ditimbulkan saat mandi sauna.

Tekanan Darah Menurun

Saat mandi sauna, tekanan darah cenderung menurun. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat hipotensi atau tekanan darah rendah ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter bila ingin melakukan sauna. Hal ini bertujuan untuk mengetahui batas toleransi tubuh Anda terhadap suhu panas dan durasi sauna.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung sauna juga tidak dianjurkan.

Risiko Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh Anda kekurangan cairan, saat Anda sauna cairan tubuh Anda akan terkuras lewat keringat yang keluar. Oleh karena itu, sauna merupakan pantangan ibu hamil yang harus dihindari.

Mengutip Trimester123.com, sauna tidak hanya menyebabkan kehilangan cairan tetapi juga masalah kehamilan seperti pusing, pingsan dan gangguan tumbuh kembang bayi.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan cara alami.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124